Desa Watu Golong Kecamatan Krian Mempercantik Diri

Foto untuk : Desa Watu Golong Kecamatan Krian Mempercantik Diri

Pembangunan disana-sini masih terlihat sedang dikerjakan, di balai desa tampak masih banyak tukang dan kuli bangunan sedang merehab bangunan balai desa yang mulai terlihat sangat megah.

Desa Watu Golong Kecamatan Krian merupakan desa yang berpenduduk sekitar 4200 jiwa itu mulai berbenah dalam  bidang pembangunan, baik infra struktur maupun ekstra struktur,yang dibiayai dari dana pemerintah,swadaya warga dan juga dana pribadi dari kepala desa.

Jalan-jalan tembus desa terlihat sudah di paving,perbaikan dan pengadaan saluran air /gorong-gorong untuk drainase dan pengairan sawahpun sudah tampak lebih baik.

Seperti yang diungkapkan oleh Sunaryo (45th), Selasa (20/9/2011) salah satu warga Desa Watu Golong Kecamatan Krian bahwa pembangunan di desanya sudah ada peningkatan dari tahun ke tahun.

“Kita bersama-sama dengan warga, tokoh masyarakat, pemuda dan Pemerintah Desa Watu Golong bahu membahu membangun desa untuk kemajuan dan kemakmuran masayarakat” katanya.

Menurut data yang ada sejauh ini Pemerintah Desa Watu Golong bersama dengan Badan Perwakilan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) dan warga telah melakukan pavingisasi jalan sepanjang 700 m, saluran air/gorong-gorong sepanjang 1 Km dan juga rehab balai desa.

”Kita sudah tidak khawatir dengan jalanan becek  bila musim penghujan karena semua sudah dipaving dan saluran air juga sudah siap menampung air hujan”ungkap Sunaryo.

Keberhasilan pembangunan itu tidak terlepas dari kepemimpinan Suwono Kepala Desa (Kades) Watu golong yang baru menjabat 1,5 tahun lalu.

Saat ditemui dikantornya Kades yang juga seorang pengusaha besi tua ini mengatakan bahwa pihaknya selaku Pemerintah Desa Watu Golong selalu menggunakan dana yang telah diberikan pemerintah sesuai dengan peruntukannya.

“Walaupun kadang saya harus mengeluarkan dana pribadi saya, seperti pembangunan dan rehab  balai desa yang sekarang terlihat megah ini, saya sudah keluarkan dana dari saku  pribadi sekitar 25 juta, dan itu semua saya lakukan untuk kemajuan desa ini” tuturnya.

Kepemimpinan Suwono memang patut diacungi jempol karena dalam waktu yang singkat sudah berhasil merubah wajah Desa Watu Golong menjadi lebih baik.

”Disamping pembangunan fisik yang kita prioritaskan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), pertanian,Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan pelayanan prima juga menjadi prioritas” ucap Suwono.

Kesadaran warga dalam membayar pajak semakin tinggi ini terlihat dari perolehan pelunasan PBB tahun 2011 yang meningkat, semua berkat jerih payah semua elemen masyarakat utamanya pemerintah desa yang selalu memberikan pengarahan dan sosialisasi tentang pentingnya membayar pajak.

Menurut Suwono bahwa masih ada beberapa Pekerjaan Rumah (PR) bagi dirinya yaitu pembangunan Gapura batas Desa  Watu Golong dan jembatan masuk dusun dengan lebar 2,5 m X 12 m untuk meningkatkan kehidupan ekonomi dan sosial agar bisa berinteraksi antar warga.

“Untuk itu saya sudah persiapkan proposal pengajuan kepada Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dan saya sangat berharap agar segera bisa terealisasi” pungkasnya. (muclis)

Sumber Berita : beritasidoarjo.com

Kabupaten Sidoarjo
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kecamatan Krian